Beriman, atau Hanya Tahu Bahwa Allah Mahakuasa?

Renungan Minggu, 15 Agustus 2010

Beriman bahwa Allah mahakuasa menyangkut masalah hati manusia. Sedangkan tahu bahwa Allah mahakuasa menyangkut masalah knowlegde manusia. Ini berkaitan dengan pikiran dan logika manusia. Orang yang beriman belum tentu mempunyai sejumlah pengetahuan tentang apa yang diimaninya. Begitu pula sebaliknya, orang yang mempunyai sejumlah pengetahuan tentang Allah belum tentu beriman kepadaNya.

Dalam dunia ini, ada tiga jenis orang yang berinteraksi dengan Allah mahakuasa. Pertama, orang yang beriman tetapi tidak/kurang berpengetahuan. Kedua, orang yang berpengetahuan tetapi tidak beriman. Ketiga, orang yang beriman dan berpengetahuan.

Di dalam gereja juga memiliki ketiga jenis orang tersebut di atas. Sama-sama beribadah di ruangan yang sama. Sama-sama mendengar khotbah yang sama. Bahkan kadang terlihat sama-sama melayani. Sepintas lalu orang tidak dapat membedakannya.

Meskipun demikian, ketiga jenis ini sangat berbeda satu sama lain. Yang membedakan mereka adalah buahnya, apa yang dihasilkan dari ketiga jenis orang ini berbeda. Orang jenis pertama akan menghasilkan kepercayaan yang tidak kuat fondasinya, seperti membangun rumah di atas tanah pasir; ketika badai kehidupan datang, rumah akan rubuh dan hancur. Orang jenis kedua akan menghasilkan kritikus-kritikus gereja yang handal, tetapi tangannya terlalu lemah untuk bekerja giat. Jenis orang ketiga menghasilkan jiwa-jiwa yang bertobat, jiwa-jiwa yang dikuatkan. Mereka akan menjadi berkat di mana pun mereka berada.

Anda termasuk jenis orang yang mana?

Leksionari Alkitab:

  1. Yeremia 23:23-29
  2. Mazmur 82
  3. Ibrani 11:29 – 12:2
  4. Lukas 12:49-56

Nyanyian Jemaat:

  1. KJ 4:1,2,4
  2. PKJ 19:1-3
  3. PKJ 38:1,2
  4. KJ 64:1,2
  5. KJ 439
  6. KJ 415:1,2

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.