Pentingnya Sebuah Persekutuan

Renungan Minggu, 15 April 2012 – Minggu Paskah II

Semua bacaan Alkitab kita minggu ini berbicara tentang sebuah topik penting dalam kehidupan Kristen yaitu tentang persekutuan (Koinonia). Dalam bacaan Kisah Rasul 4:32-35, kita menyaksikan kehidupan jemaat mula-mula di bawah kepemimpinan para rasul. Kehidupan jemaat mula-mula ditandai dengan adanya persekutuan yang erat, yaitu persekutuan yang sehati dan sejiwa (ayat 32). Sehati dan sejiwa adalah kunci bagi kehidupan persekutuan yang berbagi. Sebab, sehati dan sejiwa memberikan dasar bagi terciptanya kesadaran bahwa apa yang ada di dunia ini diciptakan untuk semua. Bukan untuk beberapa orang. Karenanya, tidak ada milik pribadi, semuanya adalah milik Tuhan untuk kesejahteraan bersama.

Mazmur 133 menekankan tentang persekutuan yang rukun di antara saudara-saudara. Di tengah-tengah persekutuan yang rukun inilah berkat-berkat Tuhan akan dicurahkan. Dalam bacaan dari 1 Yohanes 1:1-2:2, rasul Yohanes menyaksikan persekutuannya dan persekutuan orang-orang percaya dengan Tuhan Yesus. Persekutuan yang didasari oleh perjumpaan murid-murid Tuhan dengan Yesus yang sudah bangkit dan menyatakan diri kepada murid-murid, seperti yang dicatat dalam Yohanes 20:19-31.

Kehadiran Kristus yang sudah bangkit di antara para muridNya yang ketakutan merupakan sebuah pengalaman yang membahagiakan dan menguatkan. Perjumpaan dan persekutuan ini memperbaharui pemahaman, sikap dan komitmen murid-murid sehingga ketika Kristus naik ke sorga merekalah yang meneruskan berita keselamatan itu dan tetap memelihara persekutuan di antara orang-orang percaya.

Bacaan Alkitab:

  1. Kisah Rasul 4:32-35
  2. Mazmur 133
  3. 1 Yohanes 1:1-2:2
  4. Yohanes 20:19-31

Nyanyian Jemaat:

  1. PKJ 7:1-3
  2. KJ 405:1-3
  3. KJ 32:1-3
  4. KJ 397:1,2
  5. PKJ 146
  6. PKJ 239:1,2

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.