Persekutuan Yang Saling Menggembalakan

Renungan Minggu, 15 Mei 2011

Banyak orang Kristen memahami bahwa yang disebut sebagai gembala di dalam gereja hanyalah pendeta, atau kadang-kadang disebut juga para penatua, atau majelis jemaat, dan anggota jemaat adalah domba yang digembalakan. Tentu saja, tidak keliru kalau pendeta dan penatua disebut sebagai gembala di gereja, karena memang demikianlah tugas mereka.

Tetapi, mestinya hal ini tidak membuat peran masing-masing menjadi kaku: Pendeta dan penatua menjadi gembala, dan anggota jemaat hanyalah domba yang digembalakan. Sebagai seorang gembala, pendeta dan penatua juga perlu digembalakan, dan tugas menggembalakan tidak hanya ditujukan kepada mereka saja, melainkan juga kepada setiap orang Kristen. Jadi, dalam kesehariannya anggota jemaat juga mempunyai tugas untuk saling menggembalakan.

Panggilan untuk saling menggembalakan ini didasari oleh panggilan Tuhan Yesus sebagai Gembala Agung kita. Tidak ada satu pun yang sanggup menjadi gembala yang baik seperti Yesus, yang memelihara dan berkorban bagi domba-dombaNya. Yesus memelihara umatNya dengan penuh kasih dan pengorbanan. Ia telah menderita untuk umatNya, untuk kita semua. Meneladani sang Gembala Agung, Yesus Kristus, maka kita pun dipanggil untuk melakukan tugas menggembalakan sesama kita. Ketika orang-orang Kristen saling menggembalakan, maka akan tercipta sebuah persekutuan yang indah, sebagaimana jemaat Kristen mula-mula.

Leksionari Alkitab:

  1. Kisah Para Rasul 2:42-47
  2. Mazmur 23
  3. 1 Petrus 2:19-25
  4. Yohanes 10:1-10

Nyanyian Jemaat:

  1. KJ 15:1-3
  2. KJ 17:1,6
  3. PKJ 37:1,2
  4. PKJ 216:1,3
  5. KJ 393
  6. KJ 249:1,3

Comments

  1. Putra Delta says

    Ketika orang-orang kristen saling mengembalakan, maka akan tercipta sebuah persekutuan yang indah, sebagaimana jemaat Kristen mula-mula. Saya sangat setuju dengan pernyataan tersebut, tapi kadangkala ada anggota Majelis/Penatua yang angkuh dan tidak kenal dengan anggota jemaatnya karena sudah menjadi pejabat gereja. Mereka (Penatua) tugas utamanya adalah penggembalaan (tertuang dalam tatagereja mengenai tugas Penatua dalam item pertama).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.